KURIKULUM MADRASAH

Kurikulum MTs Negeri 9 Jember

Kurikulum 13 adalah kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia pada tahun 2013 sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebelumnya. Kurikulum 13 dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kompetensi yang lebih baik dan sesuai dengan tuntutan global. Kurikulum 13 mengusung konsep pendidikan holistik dan integratif dengan menekankan pada aspek pengembangan karakter dan keterampilan sosial serta memperkuat pendidikan agama dan moral. Kurikulum ini juga menempatkan kurikulum literasi sebagai komponen penting dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berbicara siswa. Kurikulum 13 diterapkan di semua jenjang pendidikan di Indonesia, termasuk di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kurikulum 2013 di tingkat Tsanawiyah (MTs) merujuk pada kurikulum yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai panduan bagi lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan pada jenjang tersebut. Kurikulum 2013 menitikberatkan pada pengembangan kompetensi peserta didik yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di era globalisasi.

Kurikulum 2013 untuk tingkat MTs mengacu pada kurikulum nasional yang mencakup tujuh mata pelajaran wajib, yaitu:

1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
7. Bahasa Inggris

Selain itu, kurikulum 2013 juga menekankan pada penguatan karakter peserta didik, seperti kejujuran, kedisiplinan, kerja sama, kreativitas, dan tanggung jawab. Untuk itu, kurikulum 2013 di MTs juga mencakup pembelajaran yang mengembangkan karakter tersebut.

Pada tingkat MTs, kurikulum 2013 juga menekankan pada penguatan literasi dan numerasi, yaitu kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Peserta didik diharapkan mampu menguasai keterampilan literasi dan numerasi yang memadai agar dapat berpartisipasi aktif di dalam masyarakat.

Kurikulum 2013 di MTs dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan. Kurikulum ini diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik secara komprehensif agar mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan bersaing di era globalisasi.

Berikut adalah kerangka kurikulum 13 untuk jenjang madrasah:

1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Aqidah Akhlak
3. Fiqh
4. Tarikh Islam
5. Al-Quran dan Hadis
6. Akidah Akhlak
7. Sejarah Kebudayaan Islam
8. Bahasa Arab
9. Seni Budaya
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
11. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
12. Pengembangan Diri
13. Muatan Lokal Daerah

Kurikulum 13 untuk jenjang madrasah memiliki fokus pada penguatan materi agama dan karakter, namun tetap memberikan perhatian pada mata pelajaran umum seperti Matematika, IPA, dan IPS. Selain itu, kurikulum ini juga menekankan pengembangan keterampilan TIK dan seni budaya serta pengembangan kepribadian siswa. Muatan lokal daerah juga menjadi bagian dari kurikulum ini untuk memperkuat identitas dan kearifan lokal. Kurikulum 13 diharapkan dapat memberikan bekal yang komprehensif bagi siswa untuk menghadapi dunia pendidikan yang semakin kompleks dan dinamis


Post a Comment