BERKAH DI MALAM LAILATUL QODAR

NIKMATNYA BERSYUKUR DI MALAM LAILATUL QODAR 


Malam Lailatul Qodar merupakan salah satu malam yang sangat dihormati dalam agama Islam. Malam ini diyakini sebagai malam yang penuh dengan berkah dan keutamaan. Oleh karena itu, umat Muslim di seluruh dunia menyambut malam Lailatul Qodar dengan penuh kerendahan hati dan keikhlasan.

Menyongsong malam Lailatul Qodar, banyak umat Muslim yang memperbanyak ibadah di malam ini. Mereka melakukan shalat malam, membaca Al-Quran, berdoa, dan mengingat Allah SWT dengan penuh khushu' dan khusyuk. Selain itu, ada pula yang mengadakan acara khusus di masjid atau di rumah, seperti tadarusan, tausiyah, dan dzikir bersama.

Saat menyongsong malam Lailatul Qodar, suasana di masjid dan lingkungan sekitar menjadi lebih khidmat dan tenang. Terdengar suara bacaan Al-Quran dan dzikir yang merdu dari pengajian yang digelar di masjid. Orang-orang berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan dan memohon ampunan Allah SWT di malam yang mulia ini.

Di beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, malam Lailatul Qodar menjadi momen untuk berziarah ke makam para wali atau orang yang dihormati di daerah tersebut. Orang-orang berziarah untuk memohon doa restu dan keberkahan dalam hidup mereka.

Dalam kesempatan ini, mari kita bersama-sama menyongsong malam Lailatul Qodar dengan penuh rasa syukur dan pengharapan. Semoga kita dapat memperoleh keberkahan dan rahmat dari Allah SWT di malam yang mulia ini, serta diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dan memperbanyak amalan kebaikan. Amin.


Berikut ini adalah keutamaan malam lailatul qodar tentang manfaat memperingati malam Lailatul Qodar:

  1. "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar. Dan tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan." (QS. Al-Qadr: 1-3)
  2. "Barangsiapa yang melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari)
  3. "Barangsiapa yang memperbanyak membaca Al-Quran di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim)
  4. "Sesungguhnya pada malam Lailatul Qadar turun malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." (QS. Al-Qadr: 4)
  5. "Sesungguhnya orang yang berpuasa Ramadhan dan melaksanakan shalat malam pada malam Lailatul Qadar dengan penuh iman dan harapan pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim)
  6. "Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh rahmat dan keberkahan. Orang yang beribadah di malam itu dengan penuh keimanan dan harapan pahala akan mendapatkan ampunan Allah SWT." (HR. Ibnu Majah)
  7. "Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian mengikuti dengan enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti orang yang berpuasa sepanjang tahun." (HR. Muslim)
  8. "Sesungguhnya orang yang berpuasa Ramadhan dan melaksanakan shalat malam pada malam Lailatul Qadar dengan penuh iman dan harapan pahala, maka dia akan mendapatkan pahala seperti melakukan ibadah selama seribu bulan." (HR. Bukhari dan Muslim)
  9. "Malam Lailatul Qadar adalah malam yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang shaleh. Di malam itu, segala doa akan dikabulkan, segala permohonan akan dikabulkan, dan segala hajat akan terpenuhi." (HR. Tirmidzi)
  10. "Sesungguhnya Allah SWT mencintai hamba-hamba-Nya yang melaksanakan shalat malam di malam Lailatul Qadar karena iman dan harapan pahala." (HR. Tirmidzi)

Dari beberapa dasar Al-Quran dan Hadits di atas, dapat kita ketahui bahwa memperingati malam Lailatul Qadar memiliki banyak manfaat, di antaranya mendapatkan ampunan dosa, mendapatkan pahala yang besar, dan mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita sebaiknya memperbanyak ibadah di malam lailatul qodar. mudah - mudahan hidup kita manfaat amiiin ya mujibassailin. 

by :  lekroh

Post a Comment

Previous Post Next Post